Kelompok MINA WANGI

Usaha perikanan budidaya memiliki prospek ekonomi yang sangat cerah karena sampai sekarang kebutuhan akan ikan, baik ikan segar maupun olahan masih belum mencukupi kebutuhan konsumen.  Perkembangan usaha budidaya akan berpengaruh terhadap kemungkinan kesempatan kerja yang dapat meningkatkan peluang kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat.

Kebutuhan ikan bagi masyarakat semakin penting, maka sangat wajar jika usaha perikanan air tawar harus dipacu untuk dikembangkan.Salah satu faktor yang sangat penting dalam usaha perikanan budidaya adalah ketersediaan benih yang cukup, baik dalam kuantitas, kualitas, dan kontinuitas. Meskipun dari aspek produksi mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tetapi dari sisi kesejahteraan pembudidaya ikan masih harus dicari langkah-langkah terobosan agar kehidupannya dapat diperbaiki. Untuk itu diperlukan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di setiap pelaku usaha budidaya perikanan serta peranan pemerintah sebagai pemacu dan perantara untuk membangkitkan pembudidaya ikan sehingga bisa mengurangi tingkat kemiskinan.

Untuk meningkatkan produktifitas lahan dan menambah pendapatan, maka masyarakat di Dusun Kebon Cau Kelurahan Cipameungpeuk Kecamatan Sumedang Selatan mencoba mencari alternatif usaha yaitu dengan kegiatan usaha minapadi baik secara penyelang maupun tumpangsari. Usaha ini dipilih berdasarkan pertimbangan bahwa kegiatan usaha minapadi dapat meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) lahan sawah yang berdampak pada peningkatan pendapatan petani sekaligus pembudidaya dalam hal ini anggota kelompok Mina Wangi.

Usaha minapadi pada saat ini belum bisa dilaksanakan dengan skala besar. Hal ini terjadi karena akses perbankan belum familiar di antara anggota kelompok. Harapannya disuatu saat akses perbankan sudah tidak asing lagi bagi kelompok Mina Wangi, sehingga bisa meningkatkan skala usaha minapadi yang sudah jelas dirasakan manfaatnya.


© 2012 Mina Tandang - Media Informasi Pembudidaya dan Pengolah Hasil Perikanan.

Didukung oleh Seputar Perikanan dan Blogger