Kelompok SIMPAY WARGI

Kegiatan usaha minapadi di Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan sudah biasa dilakukan, karena memiliki hamparan sawah yang cukup luas dengan didukung oleh sumber air yang mengalir sepanjang tahun.

Kelompok Simpay Wargi merupakan kelompok yang melakukan usaha minapadi.  Luas sawah yang di usahakan untuk kegiatan minapadi sekitar 8 Ha.  Sistem minapadi yang dilakukan yaitu penyelang dan tumpangsari.

Anggota kelompok Simpay Wargi melibatkan kaum wanita, karena usaha minapadi dapat mendukung perekonomian keluarga.  Sehingga kegiatan minapadi di dapat berjalan dengan cukup baik.

Kelompok Simpay Wargi merupakan wadah dari para penggarap sawah milik Yayasan Pangeran Sumedang (YPS).  Pola usaha minapadi disesuaikan dengan jadual penanaman padi.  Sehingga usaha minapadi bisa dilaksanakan secara bersama-sama berdasarkan jadual yang telah sepakati secara musyawarah.
Antusiasme para anggota kelompok Simpay Wargi dalam melaksanakan usaha minapadi menunjukan bahwa kegiatan minapadi telah dirasakan bermanfaat disamping usaha menanam padi di sawah.

Pola tanam padi di kelompok Simpay Wargi menggunakan sistem legowo dua, sehingaga mendukung kegiatan usaha minapadi.  Sedangkan bentuk dari kemalir disesuaikan dengan bentuk sawah, namun sebagian besar berbentuk menyilang.  Sumber benih berasal dari kelompok UPR ikan mas, namun ada beberapa anggota yang sudah terbiasa memijahkan ikan mas.


© 2012 Mina Tandang - Media Informasi Pembudidaya dan Pengolah Hasil Perikanan.

Didukung oleh Seputar Perikanan dan Blogger